Mail, Michelliano Andreas

Hari ini di mata kuliah Pengantar Aplikasi Komputer, kami belajar tentang fitur mail merge di Microsoft Word. Awalnya, saya belum terlalu paham apa itu mail merge, tapi setelah dijelaskan oleh dosen, saya mulai mengerti bahwa ini adalah cara untuk menggabungkan data dari Excel ke dalam dokumen Word, seperti untuk membuat surat undangan atau sertifikat secara massal. Dosen memberi contoh nyata bagaimana mail merge bisa menghemat waktu saat harus mengirim banyak surat dengan isi yang sama tapi nama penerima yang berbeda.

Selama praktik, kami diminta membuat data dalam Microsoft Excel yang berisi nama, alamat, dan informasi lainnya, lalu menghubungkannya ke surat di Word menggunakan mail merge. Meskipun awalnya sedikit bingung saat memilih kolom data, tapi setelah beberapa kali mencoba, saya bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Saya juga belajar bagaimana memilih bidang , melihat preview hasil gabungan, dan menyimpan dokumen hasil akhirnya.

Saya merasa materi hari ini sangat berguna, apalagi jika nanti bekerja di bidang administrasi atau sekretariat. Dengan mail merge, saya bisa membuat dokumen-dokumen resmi secara cepat dan efisien. Hari ini saya jadi lebih percaya diri menggunakan Microsoft Word untuk hal-hal yang lebih kompleks, dan saya bersyukur karena dosennya sabar dalam menjelaskan dan membimbing kami saat praktik.



Comments

Popular posts from this blog

Andreas's 8 Thursday 2025

Kamis, 17 "MS. Acces.2"